Minggu, 19 Juni 2016

Permohonan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) Kabupaten Tangerang

SPP-IRT atau sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga adalah izin edar yang diberikan kepada pelaku usaha rumah tangga dalam bidang produksi makanan dan minuman. Penerbitan izin P-IRT ini bertujuan untuk menjamin kualitas produk makanan dan minuman yang diedarkan di masyarakat, sehingga konsumen merasa terlindungi.

Izin P-IRT diberikan kepada perusahaan pangan (makanan dan minuman) yang melakukan proses produksi di dalam rumah (tempat tinggal) dengan peralatan pengolahan pangan manual hingga semi otomatis. Sertifikasi P-IRT tersebut ditujukan kepada produk-produk pangan yang memiliki daya tahan keawetan lebih dari 7 hari.

Landasan hukum SPP-IRT adalah keputusan Kepala Badan POM Nomor: HK.03.1.23.04.12.2205 tahun 2012 tentang pemberian Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT). Jaminan tertulis ini diterbitkan oleh Bupati/Walikota setelah pemilik IRTP (Industri Rumah Tangga Pangan) memenuhi persyaratan. SPP-IRT berlaku selaman 5 Tahun dan dapat diperpanjang selama memenuhi syarat.

Lampiran yang menjadi syarat pembuatan SPP-IRT di daerah Kabupaten Tangerang adalah:

  1. Foto Copy KTP pemohon / pemilik yang masih berlaku
  2. Akta pedirian perusahaan (untuk perusahaan besar)
  3. Surat pernyataan status bangunan (hak milik / kontrak)
  4. Data perusahaan makanan Industri Rumah Tangga
  5. Data Produk Makanan
  6. Peta lokasi
  7. Gambar Denah Bangunan
  8. Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
  9. Pas poto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar
  10. Surat pernyataan akan membuat label yang memenuhi syarat
  11. Foto Copy Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
  12. Sertifikasi hasil uji Laboratorium Produk Makanan

1 komentar:

  1. nDaru,

    Aku beberapa kali berkunjung ke blogmu. Tidak banyak tulisan tentang manajemen dan peraturan pangan, hanya ada satu di bulan Juli 2016. Ini kunjungan terakhir dalam perioda sekarang. Jangan berhenti mengisi blog ini. Isilah secara teratur dengan info atau pengetahuan yang up-to-date. Jangan sekadar copy-paste dan rajin-rajinlah melaksanakan tugas-tugasmu. Semoga selalu sukses!


    Sampai jumpa di semester mendatang.

    ak

    BalasHapus